Klopp Mengaku Sangat Senang Van Dijk Meraih Penghargaan UEFA Best Player

Manajer Liverpool Jurgen Klopp sangat senang Virgil Van Dijk terpilih jadi UEFA Best Player 2018-19, apalagi karena sangat jarang seorang bek bisa memenangkan penghargaan itu.

Van Dijk resmi terpilih sebagai pemain terbaik UEFA 2018-19. Namanya diumumkan sebagai pemenang oleh UEFA di acara pengundian babak grup Liga Champions 2019-20 di Monaco, Kamis (29/08/2019).

Hebatnya, Van Dijk sukses mengalahkan nama dua pemain yang selama satu dekade ini mendominasi sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi sempat terpilih sebagai penyerang terbaik Liga Champions 2018-19 namun Ronaldo harus pulang dengan tangan hampa.

Bek asal Belanda itu sebelumnya dinominasikan setelah sukses membantu Liverpool tampil apik pada musim 2018-19. Ia membawa The Reds bersaing jadi juara Premier League, meski pada akhirnya kalah dari Manchester City.

Namun Van Dijk menebusnya dengan membawa Liverpool memenangi trofi Liga Champions. Kemenangan itu diraih dengan menumpas sejumlah tim besar Eropa, salah satunya adalah Barcelona.

Setelah memenangi penghargaan tersebut, Klopp lantas ditanya pendapatnya. Manajer asal Jerman ini mengaku sangat senang Van Dijk meraih penghargaan tersebut.

Ia juga mengaku salut pada Van Dijk. Sebab dalam pidatonya, bek 28 tahun itu juga mengatakan ia tak akan bisa meraih penghargaan tersebut tanpa bantuan rekan-rekannya di Liverpool.

“Brilian! Ini sangat besar,” bukanya pada situs resmi Liverpool. “Saya ingin segera menghubunginya tetapi ia harus naik ke atas panggung,” kelakarnya.

“Saya sangat senang untuknya; Saya juga senang untuk kami karena ia tahu bahwa tanpa para pemain di sekitarnya, ia tidak bisa memenangkan penghargaan itu. Ini hadiah bagi kita semua, tetapi kita mengirim orang besar kita ke sana untuk mendapatkannya,” serunya.

Penghargaan prestisius ini sebelumnya selalu didominasi oleh pemain yang bermain di pos penyerang. Kadang di pos gelandang.

Sangat jarang memang seorang bek mendapat pengakuan sebesar ini. Bahkan, Van Dijk sendiri merupakan bek pertama yang bisa meraih penghargaan UEFA Best Player tersebut.

“Itu besar. Sangat jarang terjadi bagi seorang bek. Ini informasi yang sangat penting untuk sepak bola, tanda penting untuk sepak bola. Ya, kita semua menyukai banyak gol, kita ingin menilai dan melihatnya – tetapi semakin banyak orang yang bersemangat dengan bertahan,” tuturnya.

“Virg adalah bek yang luar biasa, saat ini 100 persen bek terbaik di dunia, jadi ia pantas menerima hadiah itu sepenuhnya. Sekarang adalah puncak dari kampanye Liga Champions tahun lalu. Ini sangat besar dan saya benar-benar bahagia untuk dirinya dan keluarganya,” tegas Klopp.

Musim 2019-20 ini, Virgil Van Dijk dan Jurgen Klopp akan membawa Liverpool memulai usahanya mempertahankan trofi Liga Champions dengan masuk di Grup E. Mereka akan berusaha meloloskan diri dari hadangan Napoli, Salzburg dan Genk.


TAG